Archive for Uncategorized

Februari minggu ke 4

Februari menurut calender adalah bulan terpendek. Namun di bulan ini banyak ujian yang harus dijalani. Baik ujian hidup maupun ujian sekolah (:D:D). Duaminggu yang lalu Ujian Kompetensi Nasional Kejuruan.
Masalahnya aku gak bisa routing…..
Akhirnya malam sabtu jam 5.00 sore minta izin pakai lab. TI tuk praktik. Berhubung dadakan jadi blom sempet siapin alat mandi. Heheheheee….:D
Belajardeh routing, apache, squid, dns, dhcp, etc…..
Hapalin :
– iptables -t nat -A POSTROUTING -s network/host -o eth0 -j MASQUERADE
– dst…pokoknya hapalin 6 lembar skrip dari Pak RT…
Perut laper…blom mandi…untung praktiknya jadi
Pulang jam 8 malem dr skul….
Lewat jalan Mataram wah jalannya ditutup,,,lewat jalan malioboro deh. Taukan malam minggu, da dangdut nya lagi…..jalan kayak semut…

Advertisements

KULIAH atau KERJA ya????

Sebagai siswa kelas 3 Smk, tentunya ada beberapa alternatif pilihan yang dapat dilipih setelah lulus UNAS. Pilihan pertama adalah melanjutkan ke perguruan tinggi dan pilihan kedua adalah bekerja.

Sebagai pilihan pertama, meskipun sudah memiliki keterampilan tetapi tentu masih kurang ataupun masih “mengambang”, belum mendalami kejuruan yang telah digeluti. Namun apabila memilih alternatif ini, ada beberapa kendala yang harus diatasi :
– dalam ujian masuk perguruan tinggi siswa SMK disamakan dengan siswa SMA. Sehingga harus belajar lebih giat agar bisa lolos ujian masuk.
– alasan yang kedua adalah mempersiapkan biaya selama menjadi mahasiswa.

Kemudian alternatif yang kedua adalah bekerja. Tentunya sudah tidak diaragukan kalau siswa SMK memiliki kemampuan untuk bergelut dengan dunia usaha dan industri. Namun tentu saja posisi dalam perusahaan (kalau tidak menjadi wirausaha) tidak sama dengan lulusan universitas. Bahkan SMK memiliki image buruk sebagai “sekolah buruh”.

Sebagai akhir dari tulisan ini, saya ingin menambahkan bahwa pilihan siswa SMK lebih kepada niat. Karena dengan niat yang kuat dapat mengatasi berbagai masalah (welah….). So mau kuliah or kerja….up to you…

TURUT BERDUKA CITA…!

Turut berduka cita atas bencana yang terjadi di Tasikmalaya, yang mengguncang Pulau Jawa, Pulau Bali dan sekitarnya.

Semoga kita dapat mengambil hikmah dari semua bencana ini.

Perjalanan ke MALAYSIA Bag.1: Taukah Anda Tentang Manohara ?

Salah satu berita ter hot adalah kasus MANOHARA PINOT atau manohara yang sedang ada seteru dengan suaminya, Pangeran Kelantan Tengku Fahri. Kabarnya manohara disiksa hingga ia terpaksa melarikan dari kesultanan Kelantan.

Berdasar gosip yang beredar di negeri ini, manohara di silet, dipukul, hingga berbekas dikulitnya. Manohara juga disekap dan tidak bisa berkomunikasi dengan keluarganya di Indonesia. Bahkan sering disuntik agar terlihat sehat.

Namun dari itu semua, apakah kabar Manohara disiksa tersebar luas di negeri jiran  seperti kabarnya di Indonesia ?

Versi 1 :

Dari pengalaman satu minggu di Malaysia, kebanyakan penduduk malaysia tidak tahu atau tidak mau tahu atau tidak boleh tahu dengan kebar tersebut. Hal ini terkesan ditutupi dan tidak di ekspose oleh pemerintah dan pers setempat.

Versi 2:

Beberapa penduduk (tidak banyak) mengatakan bahwa manohara lah yang bersalah hingga kerajaan Kelantan melakukan tindakan tersebut. Menurut kabar itu, Manohara adalah wanita tidak baik (nakal) hingga harus disuntik agar tidak membuat kekacauan di Kerajaan.

Sebagai kesimpulan apakan anda percaya bahwa manohara adalah korban kekerasan hak asasi manusia, atau manohara yang bersalah seperti pada Versi 2 diatas ? Silakan anda menjawab sesuai dengan hati nurani anda.

Wah HARI YANG LAMA

Dah lama ku gak ngisi blog alias blogeran.

So banya banget hal yang ingin ku tulis disini.

Tapi ada beberapa hal penting yang kan ku sharing:

Ku bingung cari tempat Pratek Industi ,

Bagi teman2 yang punya saran dimana ya ?

ketentuan: – ku nak TKJ SMK 2 YK

– PI bulan Oktober 2009

– klo bisa yang buat Jaringan PI nya

– ku juga dikit2 bisa photoshop, corel, macr. flas, delphi, java, (tapi cuma dikit)

Bagi teman2 yang tau tolong COMENT or kasih saran…..ku tunggu

Salam Tuk Nak Pangkalpinang !!!

Nih ku bikin cerpen tapi nama pemainnya ku ambilkan dari nama tmen2ku di pangkalpinang, smk 2 pkp.Eh maaf ya klo cerpennya jelek. Tuh cerpen hanya fiktif belaka kok. Jadi mnurut kalian gmana??????

Maaf klo da yang tersinggung, or gak ku jadiin pemeran dalam cerpen ya!!!!

CERPEN : CERITA CINTA DARI BANGKA

Aku duduk di hamparan pasir putih, Pantai Pasir Padi. Menerawang ke angkasa luas yang diselimuti bias jingga sinar matahari sore. Angin laut meliuk-liuk membelai kulit dan memenuhi paru-paruku dengan kedamaian yang dibawanya. Hatiku bergemuruh seperti gejolak ombak Selat Gaspar yang menghempas batu karang. Sesekali kecipak airnya membasahi kakiku yang aku julurkan ke samudra. Gerombolan Camar Laut yang menerobos awan-awan putih seperti bintik kerinduanku dengan Kota Yogyakarta. Di ujung timur siluet perahu nelayan merapat ke dermaga yang sesekali terlihat oleng karena deburan ombak. Pikiranku melayang memutar ulang memori kehidupan di bumi Sepintu Sedulang.

-::::-

“Kabar baiklah di Bangka?”, sapa Argi pagi ini. Ia adalah sahabat yang paling care padaku. Sikapnya yang selalu percaya diri dengan mata penuh keceriaan dan murah senyum cocok dengan postur tubuh sedangnya. Satu cirri khasnya, rambutnya disisir berdiri dengan sedikit wax agar tahan lama.

“Baik hari ini”, aku menjawab dengan kububuhi senyuman.

Hari ini adalah hari ke enam aku menginjak kaki di Pulau Bangka dan hari pertama menginjak lantai di suang kelas SMK ini. Kesan pertamanya adalah berantakan. Bagaimana tidak?. Bangku-bangku reot ditumpuk dan dirapatkan dibagian belakang kelas. Sedangkan buku-buku pelajaran tahun 1990 yang berbau apek di tata dirak depan kelas hingga langit-langit. Aku mendekati tumpukan buku ini dan debu tebal mengaburkan gambar sampulnya, bahkan debunya beterbangan mengotori udara ketika nafasku menyentuh buku tersebut sehingga aku sempat terbatuk-batuk.

“Kris, kamu gak papa kan!”Argi menanyaiku.

“Ndak, ku ndak papa kok. Ar, ni mang dulu ruang apa?”logat Bangka ku keluar.

“Katanya sih gudang perpustakaan. Tuh bangku-bangku perpus reot dan buku- buku jadulnya”

Benar dugaanku, ini adalah gudang yang gagal disulap menjadi ruang kelas. Aku memandang langit-langit yang bercendawan hitam karena terkena rembesan air hujan, dan sudut-sudutnya berlubang dengan diameter mungkin 16 cm.

“Pagi Kris, eh kmarin kamu ke Parai ya??? Wah asik dung!”,

Ode baru saja masuk ruangan ini dan menginterogasiku dengan pertanyaannya. Memang sih kemarin aku dan Eki, saudara ku pergi ke Pantai Parai yang merupakan pantai yang memesona. Bahkan sudah dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat. Tidak hanya pantainya, tetapi infrastruktur sekunder juga dibangun. Seperti penginapan, restoran, tempat ibadah, dll.

“Iya kmarin ku kesana. Pantainya indah, kayak di Bali. Terus fasilitasnya lengkap”

“Tapi sayang, kamu ndak mersakan hangat sumber air panas di… ”

Belum selesai Ode menyelesaikan kalimatnya, seorang cewek berlalu dihadapan kami. Aku tertegun pada kesombongan dan keanggunan yang memikat secara bersamaan dalam momentum yang sama.

“Busyet!! Sombomg kali neng!”Argi nyeletuk dan aku yakin suaranya didengar cewek itu.

“Itu tadi Mega. Cewek melayu paling asoy disekolah ini ”Ode memberitahuku.

Aku tak mengelak pernyataannya . Tingginya mungkin 160 cm dengan postur tubuh ideal, atau seksi menurut fersiku. Rambutnya lurus sebahu yang diurai bak mayang. Kulitnya putih, mungkin keturunan Cina. Kalau berjalan berjingkat-jingkat seperti peragawati yang sedang action di Catwalk. Bola matanya hitam memancarkan kenaggunan, hidungnya sedikit lancip dan murah senyum memancarkan kesombongan. Wajahnya bulat telor dan tampak serasi dengan bentuk tubuhnya.

-::::-

Mungkin jerat setan lebih rapat dari jaring laba-laba, dan lebih lengket dari lem kayu. Tapi ikatan persahabatan melebihi kekuatan ikatan partikel pada besi, dan lebih lengket dari nyawa yang bersemayam dalam tubuh. Itulah mungkin gambaran persahabatanku. Bahkan kadang-kadang melupakan nalar dan norma demi bersama dengan mereka.

Kejadian ini berlangsung saat istirahat pertama hari Kamis, setelah berkenalan dengan Mega. Aku, Argi, Ode, dan Tyo pada awalnya hanya ingin menambah waktu istirahat. Tapi karena masih pusing setelah pelajaran matematika kami justru lupa, dan semakin keasikan makan di kantin. Sebenarnya ini semua adalah prakarsa Tyo, siswa paling malas di sekolahku. Tapi aku tidak menyalahkannya karena aku, secara tidak langsung mendukung rencana sahabatku ini.

“Argi, yuk kembali kekelas. Dah masuk ni kayaknya”aku memulai pembicaraan.

“Ntar Kris! Kepala masih pusing ni habis plajaran matematika”

“Benar, tunggu barang sejenak lah Kris! Lagian Bu Tari galaknya minta ampun kalau mengajar”Tyo menimpali.

Okelah tidak apa kalau cuma terlmbat masuk kelas lima sampai sepuluh menit. Dari barat kantin beberapa siswa putri berjalan agak cepat, dan sepertinya agak cemas.

“Wah, gadis melayu ni mau kemane kok seperti dikejar anjing” Bang Tatang, penjaga kantin menegurnya.

“Ini Bang, ada anak kelas dua pinsan.” Sahut cewek yang berjalan paling depan.

“Emang siapa Ayu?”

Ayu disini berarti Neng-bhs Sunda, Jeng-bhs Jawa.

“Itu, katanya sih namanya Mega. Anak TKJ”

Mendengar nama itu, aku menjadi terkejut. Bukankah beberapa menit yang lalu ia sedang di ruang kelas (mirip gudang) itu. Aku semakun penasaran dan ingin menengoknya. Temanku pun sepertinya sepemikiran denganku.

“Ode, yuk kite nengok si Mega !”Argi bertanya.

“Okelah. Biarlah Bu Tuti, aku malas mendengar ocehannya”Ode menjawab.

Kata teman-temanku Bu Tuti seperti singa padang pasir. .0

“Tunggu Sobat, aku mau ke kelas” Tyo sepertinya tidak setuju.

“Tyo! Kamu jangan gitu. Kamu gak kompak. Gak biasanya kamu sadar”ode bersungut sungut.

“Biarin aja, nanti ku kasih tau ke Bu Tuti kalao kalian kerjanya jenguk orang sakit. Tapi, kalau kalian mau membantuku keluar dari Satpam, ku gak bocorin deh”

Tyo merayu kami.

……………………………………………………………………………………………………………………………………………….lom selesai critanya.

THANK’S TO ALL

Tiada ucapan yang pantas saya ucapkan selain ucapan terimakasih kepada:

1. Pemerintah Kota Yogyakarta, yan telah memberi kepercayaan kepada saya untuk mengikuti pertukaran pelajar.

2. Keluargaku, Ayahku, Ibuku, adikku, dan seluruh keluarga di Yogyakarta.

3.Untuk EKI FEMITRA PRATAMA, saudaraku dan keluarga di Selindung Baru, yang telah banyak membantuku di Pangkalpinang.

4. Teman2 ku di MAN GANDEKAN, Bantul(Dek fifin, dika, yuni, sari, dkk)    dan teman2 ku di SMK N 2 Yogyakarta (Mega, tami, MAS Gun,dkk),serta teman teman di SMK N 2 Pangkalpinang(Eki, Ode, Argi, Dede, Sawa, Winsi, Tio, dkk)

Terimakasih juga kepada Para Guru yang telah membantuku. Saya hanya bisa mengucapkan terimakasih yang tidak sebanding dengan pengorbanan yang telah diberikan untuk saya, dan mohon maaf atas kesalahan selama ini.

SELAMAT HARI LEBARAN MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN