Perjalanan Ke MALAYSIA Bag 2 : Sebenarnya Budaya Asli MALAYSIA apa sich ?

Selama seminggu lebih di Malaysia, pertanyaan yang menggelitik kami adalah tentang budaya Malaysia. Pemikiran ini muncul ketika kami disuguhi beragam atraksi budaya yang mirip (sama) dengan kebudayaan Indonesia. Mulai dari gamelan jawa, kuda lumping hingga lagu sipatu gelang. Saya merasa itu semua adalah atraksi budaya Indonesia bukan Malaysia.


Budaya sangat erat dengan kehidupan keseharian manusia. Dari kebiasaan yang dilakukan muncul kristalisai hidup yang akan menjadi ciri khas masarakat itu sendiri. Lalu bagaimana dengan kebudayaan yang hampir sama antara dua daerah yang berbeda ?

Ada beberapa alasan yang dapat menjelaskan, namun yang paling mendasar adalah persamaan letak geografis dan dari rumpun yang sama dapat menyebabkan kemiripan kebudayaan. Lalu bagaimana menjelaskan Malaysia yang mengatakan  gamelan jawa milik mereka ?

Hal ini sulit dijelaskan. Kalau dikatakan budaya Malaysia hampir sama dengan  Indonesia karena dari rumpun yang sama tentu kurang tepat. Karena budaya Malaysia adalah budaya melayu yang mirip dengan budaya melayu di Sumatra (hanya di Sumatra), bukan dari budaya Jawa.

Disini saya ingin berkomentar bahwa seharusnya pemerintah segera bertindak tegas terhadap hal tersebut.  Hal ini untuk menghindari kasus reog ponorogo yang diklaim milik malaysia.

Namun ini semua adalah pemikiran kami, bagaimana menurut anda ?

Advertisements

10 Comments »

  1. Amy Said:

    Iya.. Saya setuju banget.. Semakin hari saya semakin “gerah” sama Malaysia yang menrut saya koq seperti menyabotase. Jangan-jangan dia bermaksud meniadakan Indonesia. Pertama siy semua kebudayaan Indonesia dipatenkan dulu oleh mereka, lama-lama Indonesia kehilangan jati diri, baru deh dijajah. Ih dijajah sama Malaysia? Amit-amit..
    Seharusnya pemerintah Indonesia lebih concern akan hal ini. Buat apa ada Menteri Kebudayaan dan Pariwisata?

    • moehkrist Said:

      betul…..harusnya pemerintah bersikap tegas dengan sgala kecurangan malaisia…..
      pokok nya sbg warga negara imdonesia kita harus menjaga harga diri dan martabat bangsa ini.

    • neti Said:

      makanya saya kurang stuju banget orang2 kita banyak bngt yg melancong ke Malysia..apa sich yg mo diliat disana orang semua budaya diplagiat dari kita.Cintai aja negri kita sendiri yg lebih kaya budaya dan keindahan alamnya.Smoga pemerintah kita tegas banget trhadap Malaysia

      • moehkrist Said:

        Ha ha ha….pergi ke Malaisia cuma buat lihat budaya kita yang di rampok.

  2. gienz Said:

    Yupz kalo ngaku sama-sama rumpun melayu harusnya kebudayaan yang mirip cuma ama daerah sumatera doank,kalo jawa,sulawesi,maluku,bali,papua sich jauh kale.Lagian malaysia kan kerajaan islam,masa bisa ada tari keagamaan umat hindu.
    Kalo koteka ntar diklaim malaysia berarti tuh negara bener2 niat ngerampok budaya kita (mana ada orang suku di malaysia sama ma suku papua)

    • moehkrist Said:

      Benar tuh. Malaisia memang sudah niat ngerampok budaya kita. harus nya pemerintah bertindak tegas.

  3. widdYa Said:

    Indonesia, negara terCinTa kami. . . . .
    🙂

    • moehkrist Said:

      Ciip….kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia apapun itu…

  4. syahrul Said:

    nampak sangat fitnah…
    I LOVE MALAYSIA !

    • moehkrist Said:

      Setiap orang berhak untuk memiliki opini masing – masing. tapi pandangan saya selama disana memang demikian. Banyak budaya yang berasal dr indonesia (sebagai contoh musik gamelan), yang sedikit “di edit”, lalu diakui sebagi milik MALAYSIA


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: